Cara Menghafal Pelajaran Dengan Cepat

Cara Menghafal Pelajaran Dengan Cepat


Tips menghafal, proses mengingat adalah hal yang akan dialami oleh siapa pun tak peduli apakah kamu seorang pelajar, anak kuliahan pekerja atau apapun.

Pasti ada hal yang harus kamu ingat. Dan seringkali dalam proses mengingat itu banyak dari kalian yang sering kesusahan dan encok. 

Nnah artikel kali ini kita akan membahas bagaimana sih caranya agar dapat mempermudah proses mengingat? Simak tipsnya berikut ini

Sebelum Belajar Jangan Lupa Berdoa.

Mintalah kepada yang maha kasih agar mempermudah proses belajar kamu. Dia adalah dzat yang dapat mengabulkan hal-hal yang susah bahkan mustahil.

Setelah berdoa cobalah tips dari nelson dellis seorang pemenang empat kali kejuaraan USA memory championship seseorang yang dapat mengingat 10.000 bilangan PI.

Asosiasikan Dengan Gambar

Cobalah untuk menghubungkan kata-kata atau konsep yang ingin kamu hafal dengan gambar.

Mmisalnya kamu ingin menghafal konsep demokrasi coba untuk menghubungkannya dengan tokoh politik tertentu atau gedung pemerintahan. Dengan cara ini kamu bisa lebih mudah mengingat.

Fokus Pada Bagian-Bagian Yang Ingin Kamu Ingat

Misalnya, mengingat kata demokrasi mungkin mudah tapi bagaimana jika kamu di minta untuk mengingat demokrasi beserta bagian-bagian yang terhubung dengan konsep itu.

Mulai dari birokrasi, sistem politik, sistem hukum. Dan masih banyak lagi. Oleh karena itu fokus pada bagian-bagian yang ingin kamu ingat menjadi sangat penting.

Bagi Menjadi Beberapa Bagian.

Cari tahu kata kunci yang menjadi inti konsep kemudian, pecah menjadi beberapa bagian agar kamu lebih fokus dan terarah dalam upaya mengingat dan memahami sesuatu.

Misalnya analisa kata kunci yang terdapat dalam konsep demokrasi apa saja, kemudian fokuslah untuk mendalami kata-kata kunci itu.

Dengan menggunakan langkah ini kamu bukan hanya lebih mudah mengingat tapi juga menyeluruh dalam mempelajari sesuatu.

Pengulangan

Dengan mengulang terus menerus apa yang kamu pelajari maka, informasi yang kamu ingat terus menerus itu akan masuk kedalam long therm memory kamu yang mana adalah memori jangka panjang.

Istilahnya kamu kayak ngelem informasi di kepala kamu. Jadi susah lupanya. Gabungkan saran dari dennis dengan metode cicero berikut ini.

Metode Cicero 

Adalah sebuah metode mengingat berdasarkan kategori. Misalnya mengingat bung karno dengan kategori tokoh pendiri bangsa.

Atau mengingat premis sebagai kategori dari pelajaran logika dengan begini kamu akan terlatih untuk mengatur ingatan kamu agar terstruktur.

Coba Permainan Yang Dapat Melatih Fokus Dan Daya Ingat Kamu.

Atur atau beberapa game strategi lainnya akan sangat membantu kamu dalam melatih daya ingat dan daya fokus. 

Akhiri proses belajar kamu dengan berdoa. Semoga berhasil yah.

Sekian pembahasan mengenai cara menghafal pelajaran dengan cepat. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya.

Sumber:

https://republika.co.id/berita/qdiqkf463/mudah-lupa-coba-5-emtipsem-ini-agar-mudah-mengingat

https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/7-tips-berguna-ini-untuk-kamu-yang-pelupa-c1c2/7

Siska Reunata
Siska Reunata Perkenalkan nama saya Siska Reunata, saya hobi menulis tentang dunia pendidikan, dan suka sama travelling. Semoga suka sama konten aku ya bestie!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghafal Pelajaran Dengan Cepat"